Pembangunan Pavink Blok Jalan Gang Desa Pembangunan SPAL di Kampung Siremen RT. 001 RW. 001 Berjalan Lancar

Pembangunan SPAL di Kampung Siremen RT. 001 RW. 001

| Senin, 31 Juli 2017 - 11:12:57 WIB dibaca: 208 pembaca

Pembangunan SPAL Saluran Pembuangan Air Limbah - SPAL adalah singkatan dari Saluran Pembuangan Air Limbah, yaitu bangunan saluran yang digunakan untuk mengalirkan air limbah rumah tangga, seperti sarana cuci tangan, kamar mandi, dapur, dan lain-lain, sehingga air limbah tersebut dapat mengalir ketempat pembuangan yang aman atau dapat juga meresap kedalam tanah dan tidak menyebabkan penyebaran penyakit serta tidak mengotori lingkungan sekitarnya.
Sebagai catatan: SPAL tidak menyalurkan air kotor dari jamban.

Di Tahun 2015 ini Desa Siremen melaksanakan salah satu program pembangunan, yaitu SPAL yang berlokasi di RT. 001 RW. 001Dukuh Pabrit. Pelaksanaan dimulai bebarengan dengan datangnya bulan Ramadhan, namun demikian tidak menjadi hambatan kelancaran program tersebut. Bulan Juni 2015 ini dirasa waktu yang tepat, mengingat sudah jarang terjadi hujan, sehingga pembangunan dapat dilaksanakan dengan lancar. Pemerintah Desa Siremen menganggarkan program ini dari APBDes 2015 yang bersumber dari Dana Desa(DD) sebesar Rp. 62.000.000,- (enam puluh dua juta rupiah).

Pekerjaan SPAL ini dilaksanakan oleh warga bersangkutan, yaitu Kp. Siremen RT. 001 RW. 001 Desa Siremen, baik laki-laki maupun perempuan. SPAL tersebut dilaksanakan mengingat saluran  pembuangan limbah rumah tangga dilokasi tersebut sudah rusak dan tidak berfungsi, sehingga ketika musim hujan tiba, baik air hujan maupun limbah rumah tangga menggenang di lingkungan tersebut, sehingga sangat merugikan, terutama bagi kesehatan warganya.

Demikian Pembangunan SPAL Saluran Pembuangan Air Limbah di Kp. Siremen RT. 001 RW. 001 Desa Siremen, semoga bermanfaat.




 

Berita Terkait


    Back to Top